Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 5 Bagian Yang Tersembunyi Di Candi Borobudur, Kalian Wajib Tahu

KoranKompi.blogspot.com-Hallo sahabat sekalian kembali dengan saya di web berita online, paa kesempatan kalli ini kita akan membahas tentang peninggalan sejarah yaitu candi borobudur.
Candi Borobudur

Candi borobudur merupakan situs warisan budaya miliki negara indonesia yang siudah terkenal hingga keseluruh negara indonesia bahkan kini negara lain pun sudah mengenal dengan candi bororbudur, karan candi ini termasuk kedalam 7 keajaiban dunia, jadi tidak heran jika candi ini banyak diminat warga lokal maupun negara asing.

Candi borobudur merupakan peninggalan dinasti sailendra, yang pembangunannya selesai pada abad ke 8 pada tahun750 masehi. beredar kabar bahwa candi borobudur dibangun dengan cara yang tidak wajar(misterius) kara pada tahun tersebut kita manusia pada belum mengrti tentang arsitektur.

Namun sejarawan mencatat bahwa yang bisa membangun candi menjulang tinggi ke atas bernama Gunadhama , dan candi borobudur ini akahirnya selesai dibangun pada masa pemerintahan Samaratunga,Anda juga dapat melihat tempat wisata taman Refi Pekanbaru

Jika kita ingin berkujung ke candi ini anda bisa pergi ke tanah jawa, sebab candi borobudur terletak di provinsi jawa tengah, tepatnya dimagelang yang sangat dekat dengandaerah istimewah Yogyakarta.


Namun tahukah anda dicandi inia da banyak hal misteri yang dipercaya hingga kini, apa saja kira-kira?berikut kami sampaikan beberapa misteri yang ada pada candi bororbudur ini.



1. Relies Kamandatu

Relief Kamandatu

Borobudur adalah candi yang arsitektur yang sangat rumit dan mempunyai banyak relief, jika para pengunjung jeli maka mereka akan menemukan panel-panel yang ditimbun tanah, letaknya dibagian paling bawah candi atau tepatnya bagian pondasi yang tersembunyi namanya Kamandatu.

Kamandatu ini terdiri dari 160 relief adegan sutra karmawibangga atau hukum sebab akibat, sayangnya banyak yang tidak tahu maksud dan tujuan relief itu serta alasan mengapa ia disembunyikan dari publik,

nah jawabnnya karena relief kamandatu ini berisikan adegan keburukan manusia dari bergosip, menyiksa, merampas hingga berhungan intim dari berbagai posisi, karena di anggap vulgar dan tidak layak diperlihatkan, maka bagian ini pada akhirnya ditimbun.


2. Arsitek dan pembangunan

Arsitek Pembangunan

Misteri terbesar dari borobudur adalah proses pembangunannya dan siapa yang membangunnya. bayangkan orang zaman dahulu yang belum memiliki peralatancanggih dan memadai bisa ,membangun maha karya yang bisa bertahan hingga saat ini dari bebatuan bahkan tanpa pondasi tanah.

Pertanyaanlain adalah siapakah arsitektur yang paling hebta dapat menyelrasikan candi borobudur ini, pembangunan borobudur disebut memakan waktu selama 70 hingga 100tahun,masyarakat turun temurun percaya bahwa sosok yang membangun borobudur adalah Gunadharma.

Sosok gunadharma merupakan sosokyang jenius di atas rata-rata yang menjelma pegunungan Manoreh yang terletak tidak jauh dari candi ini, dan jika dilihat mirip dengan seseorang yang sedang berbaring.


3. Misteri Jam Raksasa

Jam Matahari

Tak hanya menjadikan peninggalan gama Budha saja, candi borobudur juga mempunyai fungsi yang berhubungan dengan astronomi, hal ini dibuktikan dengan adanya jam matahari berbentuk raksasa yang mengandalkan sinar matahari.

Memang belum banyak orang mengetahuinya dan menyadari hal ini jam matahari raksasa ini dapat terlihat dengan mengamati adanya relief yang menggambarkan bulan, bintang  dan matahari.

selain itu bentuk simetris pada bangunnanyang memiliki sisi sejajar dari arah gerakan matahari dari timur ke barat yang membuat borobudur menjadi alat perekam langit,


4. Misteri Patung

Patung Anfinisit Buda 

Meskipun candi borobudur merupakan mahakarya yang luar biasa masi ada beberapa bagian yang tampaknya belum terselesaikan. seperti dua patung Anfinisit buda dan Singa Urung.

Anfinisit Buda adalah patung yang belum terselesaikan, dapat kita lihat dari tangan yang kota, jaringan yang tidak sempurna serta rambut yang belum terpahat.

Untuk sekarang patung Anfinisit Buda terletak di museum karnawibangga dan masih menyisakan teka teki yang belum terpecahkan oleh publik.

Banyak yang mengatakan bahwa patung ini ditemukan ketika ratsrasti tahun 1907 oleh sir thomas stamford raffles, tapi pendapat ini dibantah karna tidak ada dokumen yang menemukan hal tersebut.

Sedangkan pastung yang satu lagi Patung Singa Urung atau patung belun jadi yang membuat orang harus waspada kepadanya, menurut mitos siapapun yang melewati menyentuh si Singa Urung makan mereka takan pernah langgung berhubungan. mau itu pacaran atau sudah menikah


5. Peninggalan Candi borobudur

Relief

Apakah benar Candi borobudur peninggalan Nabi Sulaiman? semua orang percaya bahwa candi borobudur merupakan peninggalan dinasti Sailendra 760-830 masehi. namun seorang ahli matematika dari Universitas Islam Negri Jakarta bernama Fahmi Basya mengungkap hal lain, ia menagtakan bahwa borobudur sebenarnya adalah peninggalan Nabi Sulaiman.

Penelitiannya tentang hal tersebut bukan rekayasa melaikan sudah memakan waktu  selama 36 tahun. Fahmi Basya memberikan bukti berupa Relief yang sesaui apa yang tertulis pada Al-Qur'an dan mecocokan dengan sejarah nabi sulaiman.

Lebih lengkapnya lagi ia juga menunjukan dimana letak kerajaan Ratu Bilqis sekarang candi Ratu Boko serta penemuan surat emas tertulis Bismillah yang pernah nabi sulaiman kirimkan untuk sang Ratu di kolom Ratu Cndi Boko.

Gagasa ini menimbulkan pra dan kontra dikalangan sejarawan, banyak yang menolak tetapi tidak sedikit yang setuju dengan gagasa tersebut,

Nah bagaiman pengetahuan anda kini? cukup menambah pengetahuan kita bukan, candi borobudur ini memang tempat favorit semua orang,bagi anda yang ingin berkunjung kesana sebainya perhatikan tata krama jika sudah di candi borobudur ya.

5 comments for "Inilah 5 Bagian Yang Tersembunyi Di Candi Borobudur, Kalian Wajib Tahu"

close