Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Manfaat daun sirih bagi pria dan wanita

Daun sirih dikenal sebagai tumbuhan yang mudah hidup di mana saja, termasuk di halaman rumah kamu, selain itu, daun sirih juga punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tanaman daun sirih ini bernama latin piper batle tersebut dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat karena mengandung banyak minyak atsiri, kavikol, gula, seskuiterpen, zat samak, pati, dan juga minyak terbang atau betlephenol.

Daun sirih juga dikenal akan anti-septik, anti-imflasi, dan pendingin kulit. daun sirih juga mempunyai segudang manfaat, jika di olah dengan baik dapat menybuhkan berbagai penyakit.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kita rasakan jika mengolah daun sirih seperti:

1. Dapat Meredakan Batuk.

Rebusan daun sirih dipercaya mampu meredakan batuk. Karna daun sirih mengandung vitamnin B dan C serta alkolid yang dapat membantu peradangan di dalam tenggorokan.
Caranya: rebuslah daun sirih merah kedalam 300 ml air, minumlah air tersebut secara rutin 2 kali sehari.

2. Dapat Melancarkan Haid.

Daun sirih merah bisa anda jadikan sebagi alternatif pengobatan sebagai pelancar haid. Hal tersebut dikarnakan, daun sirih merah mengandung antioksidan tanin dan sapoin yang dipercaya mampu mengatasi permasalahan datang bulan.

Caranya: rebuslah 3 lembar daun sirih merah, 10 gram mahkota dewa, 15 gram umbi dewa dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja, minumlah rebusan tersebut 2 kali dalam sehari.

3. Mengobati Kaputihan.

Daun sirih merah memang dapat mengobati segala macam penyakit, termasuk penyakit keputihan. Keputihan biasa nya disebabkan oleh bakteri dan kuman yang berada di daerah miss v dengan daun sirih anda dapat mengobati keputihan tersebut dengan cara sebgai berikut:

Rebuslah 5-10 daun sirih merah kedalam 250 ml air, setelah dingin, saringlah air tersebut, gunakan air itu untuk memasuh daerah kewanitaa mu, baik digunakan setelah bangun pagi dan mau tidur.

4. Dapat Mengobati Bau Mulut.

Bau mulut sering kali menyebabkan orang tak percaya diri. Bau mulut disebabkn oleh bakteri yang tumbuh di dalam mulut anda, bakteri tersebut tumbuh akibat adanya sisa-sisa makanan didalam mulut anda yang menyebabkan tumbuh bakteri. Cara mengobati bau mulut: rebuslah daun sirih merah sekitar 5-10 lembar kedalam 4 gelas ml air rebuslah sampai tersisa setengah nya, gunakan air tersebut untuk berkumur 3 kali sehari

5. Menghilangkan Bau Badan.

Bau badan kerap sekali mengganggu aktivitas sehari-hari anda, bau badan tak sedap disebabkan kelenjar keringat memproduksi keringat secara berlebihan yang dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri pada tubuh kita.

Gunakanlah cara berikut: rebuslah 10-15 lembar daun sirih dan 1 sendok teh garam dalam 4 gelas ait hingga tersisa 2 gelas saja minumlah rebusan tersebut 2 kali sehari

6. Menurunkan berat badan

Daun sirih selain dapat dijadikan sebagai bahan mengatasi bau badan ternyta juga dapt dijadikan sebagai bahan alami untuk menurutkan berat badan anda loh.

Dengan rutin menggunkaan daun sirih, itu akan membantu kita dalam meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mempu sistem kekebalan tubuhdapt terjadi dengan baik

7. Mencegah penyakit diabetes

Kandungan yang terdapat dalam daun sirih dipercaya mampu mengurangi kadar gula dalam tubuh, sehingga sangat baik untuk anda bgi penderita diabetes.
Jika anda masi ragu akn khasiat daun sirih dapat mengobati diabetes, silahkan datangi dokter anda untuk berkonsultasi lamgsung mengenai daun sirih ini.
Berkonsultasi dengan dokter sangat lah bijak sebab untuk mengurangi resiko dan mencegah hal lain yang tidak di inginkan.
Daun sirih memang kaya akan manfaat, masih banyak manfata yang lain yang belum mimin tulis, semoga manfaat yang di atas bisa berguna untuk anda semua dan jangan lupa penyakit datangnya hanya dari allah dan akan kembali kepadanya cara di atas hanyalah ikhtiar saja pada sejatinya allah lah yang menyembuhkan anda. Jangan lupa share jika bermanfaat.
jika anda ingin bergabung di group kesehatan anda bisa koment di bawah ini, nantinakan kami sediakan link group kesehatan kami.

2 comments for "7 Manfaat daun sirih bagi pria dan wanita"

  1. Mantap mas, ternyata daun sirih banyak manfaatnya bagi kesehatan.

    ReplyDelete
  2. Dulu kalau mimisan sering memakai daun sirih. Ternyata manfaat daun sirih banyak juga.

    ReplyDelete
close