Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Keputihan Saat Hamil Itu Normal? Begini Penjelasannya

Hallo sahabat sehat kembali lagi dengan saya KoranKompi pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa itu keputihan dan bagaimana ciri-ciri keputihan yang normal dan abnormal pada anda khususnya anda para kaum wanita.
Keputihan adalah suatu kondisi dimana respon tubuh yang dikeluarkan oleh vagina (lendir) untuk membersihkan atau membuang bakteri yang ada di dalam vagina dan tentunya yang dikatakan normal ini tentunya jika secret nya atau keputihan ini berwarna bening, dan tidak berbau.

bagaimana dengan cici-ciri keputihan?

keputihan yang dikatakan normal jika dia berwarna bening, tidak berbau, dan biasanya keluar saat sebelum menstruasi dan sesudah menstruasi dan dikatakan abnormal biasanya berwarna, pekat, kekuningan, kehijauan, atau disertai dengan keluarnya darah. kondidi tersebut dikatakan tidak normal.

Apa saja jenis-jenis dari keputihan

keputihan dibagi berdasarkan penyebabnya.

Keputihan dapat disebabkan oleh bakteri, nama nya bakteri vagniosis ini dgring nya ialah scret atau lendirnya ini berwarna putih susu, berbau amis, kental, dan berjumlah banyak
dapat disebabkan oleh jamur, jenis keputihan ini sama dengan penyebab di atas yang lendirnya berwarna putih susu, kental dan berbau amis dan biasany disertai gatal di daerah vagina
dapat disebabkan oleh parasit, keputihan ini biasanya berwarna hijau kekuningan, berbau amis dan tentunya ini disebabkan karna melakukan hubungan seksual yang beresiko.

Apa saja yang menyebabkan keputiha?


Penyebaab keputihan biasanya karna bakteri, jamur dan parasit, tetapi ada juga keputihan yang normal memang vagina wanita ini dia menjaga keseimbangan hormonal nya dengan cara mengeluarkan lendir atau keputihan untuk membuang sel-sel mati dan bakteri yang ada di dalam vagina.

Bagaimana cara mencegah keputihan

cara mencegah keputihan tentunya yang paling utama adalah menjaga higenitas(keberihan) tentunya dengan cara sebagai berikut:



  • jangan gunakan under ware(celana dalam) terlalu ketat
  • selalu menjaga kebersihan area vagina dengan cara membasuh dari depan ke belakang
  • setelah buang air kecil ada baiknya keringkan vagina terlebih dahulu sebelum memasang celana dalam anda
  • jangan gunakan sabun yang mengandung pewangi untuk membasuh area vagina, ini karna bisa mengganggu keseimbangan hormoal di area vagina


Bagaimana cara mengobati keputihan?


untuk cara penyembuhan keputihan tergantung dari penyebab nya. bisa anda sembuhkan dengan antibiotik, anti jamur dan anti parasit. tetapi tentunya selain dari pengobatan dari penyebab ini juga sangat penting untuk menjaga kebersihan atau viginitas dari vagina .

Apakah keputihan bisa dibilang dari indikasi dari kanker serviks?

memang keputihan sebenarnya bisa menjadi indikator dari suatu hal yang lebih serius misalnya kanker serviks cirinya adalah biasanya lendirnya berwarna coklat pekat, dan disertai darah dan tentunya berbau amis. ini dicurigai mungkin ada sesuatu yang lebih serius bisa menjadi adanya suatu proses keganasan di rahim dalam hal ini adalah serviks.

Apakah keputihan berakibat fatal?


jika keputihan ini dalam keadaan normal tentunya tidak akan menyebabkan fatal namun jika sebaliknya keputihan yang dialami yang disebabkan oleh virus, jamur, bakteri atau parasit jika tidak di obati tuntas tentunya akan menyebabkan komplikasi tapi yang lebih bahaya jika sudah jelas ciri-cirinya lendirnya berwarna coklat pekat, dan disertai pendarahan dan tidak diobati atau ditangani ini dapat di khawatirkan bisa jadi suatu tanda adanya suatu keganasan didalam leher rahim yaitu serviks atau leher rahim ini bisa berdampak fatal bagi wanita.

Keputihan Saat Hamil

Keputihan saat hamil pada umumnya merupakan kondisi yang normal. Namun jika keputihan telah berubah warna atau diiringi dengan gejala tertentu, maka kondisi ini dapat menjadi tanda timbulnya infeksi pada miss v anda.

Keputihan saat hamil biasanya disebabkan karena adanya peningkatan kadar estrogen dan aliran darah ke vagina. Cairan yang keluar dari leher rahim ini sebenarnya adalah sisa buangan dari rahim dan vagina, bakteri normal dari vagina dan sel-sel mati dari dinding vagina.

Pada masa awal kehamilan, cairan ini memenuhi saluran serviks untuk menciptakan lendir pelindung yang terlihat seperti putih telur. Menjelang persalinan, lendir ini akan menjadi semakin banyak.

Cara Mencegah Keputihan Saat Hamil

Jika memang keputihan saat hamil bersifat normal, yaitu berwarna putih atau jernih serta tidak mengeluarkan aroma berbau, maka tidak ada yang bisa kita dilakukan untuk mencegahnya. Namun untuk menanganinya, Anda dapat menggunakan pantyliner  yaitu alas seperti pembalut yang dapat menyerap kelebihan cairan di daerah vagina demi kenyamanan. Bila keluhan tidak kunjung membaik dan semakin mengganggu, maka jangan ragu untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter kandungan anda.

semoga artikel yang berjudul keputihan saat hamil bisa membantu anda sedikit dan banyak pengetahuan yang anda bisa ambil jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatn anda sebalum datang sakitanda karna sehat ini mahal harganya.

Post a Comment for "Apakah Keputihan Saat Hamil Itu Normal? Begini Penjelasannya"

close