Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Jitu Cegah Komedo

Cara Jitu Cegah Komedo

Seseorang kerap tak percaya diri dengan adanya bintik–bintik hitam di hidung akibat komedo. Bagaimana mencegahnya?








Komedo terjadi karena adanya sumbatan kelenjar minyak dan peradangan. Terdapat 2 jenis komedo yakni komedo terbuka (yang sering terlihat seperti titik putih) dan tertutup (yang sering terlihat seperti titik hitam). Karena itu, lakukan hal ini untuk mencegah timbulnya komedo di wajah:



Gunakan pelembab yang sesuai dengan kulit wajah Anda



Komedo seringkali dialami oleh Anda yang memiliki jenis kulit berminyak. Produksi minyak yang berlebih seringkali disebabkan oleh penggunaan pelembab yang tidak tepat. Karena itu pastikan pelembab yang Anda gunakan bebas minyak (oil free) dan non komedogenik jika kulit Anda tergolong berminyak.



Rutin mencuci muka

Malas membersihkan muka sehabis beraktivitas dan terpapar polusi dapat membuat Anda rentan mengalami komedo. Anda perlu membersihkan wajah secara rutin 2 kali sehari agar menghindari pembentukan komedo.



Hindari penggunaan kosmetik tebal

Sumbatan pada komedo bisa terjadi karena penggunaan kosmetik yang berlebih atau terlalu tebal. Terlebih jika kulit Anda tergolong berminyak, hindari penggunaan foundation dan bedak compact setiap hari agar tidak menyumbat pori-pori.



Diet rendah lemak dan karbohidrat

Pengaruh makanan terhadap jerawat dan komedo memang masih bersifat individual dan berbeda-beda pada setiap individu. Konsumsi makanan rendah karbohidrat dan lemak dapat mempengaruhi kontrol hormonal pada jerawat sehingga jerawat dapat membaik.



Hindari alkohol dan rokok

Konsumsi alkohol dan merokok dapat memicu produksi kelenjar minyak di wajah. Tak hanya meningkatkan risiko, Anda pun bisa mengalami penuaan dini.



Jangan memencet komedo

Memencet komedo, terlebih dengan tangan atau alat yang tidak steril dapat berpotensi menyebabkan infeksi Anda bertambah parah.

Mulai sekarang hindari faktor pencetus timbulnya komedo. Jika sudah terlanjur terjadi, Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit untuk diberikan pengobatan topikal (oles) ataupun tindakan tertentu seperti ekstraksi komedo.








Sumber; www.klikdokter.com

Post a Comment for "Cara Jitu Cegah Komedo"

close