Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Alat Berat Terbesar Dan Terberat Didunia versi KoranKompi

KoranKompi.blogspot.com-Alat berat merupakan sebuah mesin yang mengangkut daya beban yang tidak bisa ditampung oleh truk ataupun mobil pengangkut yang berkapasitas tertentu. 

tentunya kalian pernah melihat alat berat disekitar rumah kalian atau melihatnya diwilayah pertambangan, kendaraan yang diciptakan untuk membantu pekerjaan khusus ini sangatlah beguna karna dengan adanya alat ini pekerjaan tersebut jadilah ringan.


kali ini kami dari korankompi akan mebahas 7 alat berat tercanggih di dunia untuk lebih lanjut silahkan baca artikel ini saampai habis.


1. Liebher Hydraulic Shouvel

Liebher Hydraulic Shouvel diproduksi oleh liber group komplek perusahaan manufacture jerman dan salah satu alat berat terbesar di dunia untuk tipe sejenis.

Alat ini digunakan untuk pekerjaan berat dipertambangan terbuka, kendaraan ini memiliki berat 656 ton dengan diesel cumins K 180E 16 silender dan berkapasitas 50,3 liter mampu menghasilkan daya 3000 hours power pada putaran mesin 1800 rpm.Baca Juga: Pemuda ini dikejutkan saat parkir motor

Sedangkan kekuatan untuk menggali tanah adalah 1500 Kn, kapasitas tangki bahan bakar adalah 13.000 liter.

Sedangkan kapasitas tangki hidrolik adalah 4600 liter dan tekanan maksimum hidrolik adalah 150 Bar, volume bucket bisa mencapai 60 ton sekalimuatan.


2. Caterpillar 797F
Alat berat Caterpillar 797F ini jika dilihat seperti rumah, dibuat oleh pabrik caterpillar asal Amerika serikat. Trukini dibuat untuk keperluan tambang yang memproduksi sangat tinggi dan juga untuk kontruksi berat.

Kapasitas muatan truk ini merupakan salah satu tertinggi dan terbesar didunia

Model ini diperkenalkan pada tahun 2008 dan memasuki produksi penuh pada tahun 2009, model terbaru ini jauh lebih besar dan kuat dibandingkan dengan model sebelumnya yaitu seri 797B dan memiliki kapasitas daya angkut sebesar 400 ton.

Sedangkan seri yang sebelumnya hanya bisa mengangkut 380 ton.

3. Komatsu D575A Superbuldozer
alat berat Komatsu D575A Superbuldozer dibuat oleh komatsu jepang. Buldozer ini merupakan buldozer terbesar saat ini yang pernah dibuat didunia.

Buldozer ini digunakan pada pertambangan batu bara stripe mainepita di amerika utara, menggunakan alat berat ini lebih efesien dibandingkan menggunakan dragline pada pertambangan tersebut.

Buldozer ini memiliki tinggi 4,8 meter dan memiliki panjang 11,7 meter. Hal tersebut menjadikan buldozer ini sebagai buldozer  terbesar dan terkuat didunia.

4. Mobile Launcher platform
Mesin yang satu ini merupakan kendaraan pengngkut satelit, mesin ini mempunyai berat 8,2 juta pon kendaran ini mempunyai dimensi panjang  49 meter dan lebar 41 meter dan tinggi sekitar 7,6 meter.

Alat berat ini merupakan salah satu dari 3 struktur 2 lantai yang digunakan nasa untuk mendukung stak satel selama transportasi dari pabrik untuk diluncurkan di pet 39 akenedis specenter.
Mobile Launcher platform juga bisa digunakan sebagai peluncuran roket.

5. 1850B Bucyrua-erie
1850B Bucyrua-erie atau yang biasa dijuluki big brutus mempunyai tinggi 49 meter dan berat 11 juta pon, Big brutus merupakan skop listrik terbesar kedua didunia.

Benda ini hanya digunakan dari tahun 1960-1970. Saat ini big brutus dipamerkan dipertambangan mineral dan batu bara di amerika serikat. Kapasitas bucket big brutus ini bisa mencapai 150 ton dan mencapai kecepatan maksimum 0,2 Mph. Pada tahun 1962 harganya sekitar 6,5 juta dollar  saja.

6. Marion 6360

Marion 6360 mempunya berat total 28 juta pon Marion 6360 adalah alat berat excavator dengan kekuatan terbesar didunia, mesin raksasa ini dibangun  oleh perusahaan listrik marion soffol pada 1965.

Kapasitas dari bucket alat berat ini mampu mengangkut material seberat 300 ton, Marion 6360 merupakan 1 dari kendaran terbesar didarat yang pernah dibangun.dan setelah lama beroprasi akhirnya dipensiunkan pada tahun 1992.

7. terex 33-19 titan

terex 33-19 titan adalah salah satu truk bermuatan terbesar yang beroprasi sampai pada tahun 1998. Jika bermuatan penuh trus ini dapat mencapai kecepatan 29,8 Mph. 

Kendaraan ini dibangun dan dirancang sebagai divisi terex dari perusahaan general motor pada tahun 1973 dan setelah 13 tahun beroprasi akhirnya kendaraan alat berat ini dimusiumkan dan dipajang  di sparword britis kolombia kanada. Baca Juga: Cara merawat mesin rumput

Nah itu tadi 7 kendaraan alat berat yang terbesar didunia, bagaimana cukup menambah wawasan kita bukan? Jangan lupa untuk mengunjung blog kami lagi di korankompi dengan artikel berikutnya tentunya dengan tema yang berbeda yang kami rangkum hanya untuk sahabat korankompi.blogspot.com

Post a Comment for "7 Alat Berat Terbesar Dan Terberat Didunia versi KoranKompi"

close